Sosialisasi Bangun Datar dan Mozaik kepada Siswa di SDN Patereman 2

         Pendidikan sebagai bagian paling penting dalam proses kehidupan manusia (Dewi, 2019; Herdiansyah & Kurniati, 2020). Pendidikan dapat diperoleh dari lembaga formal maupun nonformal (Puspitasari, Wibisono, & Wardhana, 2019). Proses pendidikan secara formal diwujudkan dalam kegiatan pembelajaran disekolah. Aktivitas belajar siswa dengan sungguh-sungguh yang menerapkan beberapa aspek dalam kegiatan pembelajaran seperti, aspek intelektual, emosional dan sosial (Anisah & Suntara, 2020).

        Oleh karena itu, Pendidikan sangat penting kita terapkan semenjak dini. Dengan, adanya Pendidikan yang sudah diterapkan semenjak dini dapat mencipkan generasi emas untuk bangsa dimasa depan. Melihat dari adanya perkembangan yang semakin maju seperti saat ini pemanfaat media pembelajaran sangatlah penting untuk memberikan rangsangan pada siswa. Rangsangan ini ditujukan agar siswa lebih tertarik dan mudah memahami materi pembelajaran melalui alat atau bahan mengajar tertentu. Bisa dikatakan bahwa fungsi dan kegunaan media pembelajaran ini ialah untuk mencapai efektivitas proses pembelajaran.

        Penggunaan media dalam proses pembelajaran bertujuan untuk membangkitkan minat belajar, memberikan motivasi, menumbuhkan rasa ingin tahu dengan apa yang dilihatnya, dan memberikan rangsangan kepada peserta didik untuk ikut dalam kegiatan proses belajar dikelas (Hidayah & Ulva, 2017; Parwati, Suryawan, & Apsari, 2018). Kurangnya pemanfaatan media yang dilakukan oleh guru di SDN Patereman 2 Kecamatan Modung ini menarik perhatian kami yaitu untuk mengadakan sosialisai media pembelajaran. Maka dari itu, kami memiliki suatu ide dengan menciptakan suatu inovasi baru media pembelajaran yaitu dengan pembuatan “KOTAK ILMU”. Kotak tersebut merupakan suatu media pembelajaran yang berisikan materi tentang bangun datar dan materi ini kami khususkan untuk kelas 3.

        Kegiatan sosialisasi media pembelajaran yang diadakan di sekolah SDN Patereman 2 ini bertujuan untuk memberikan inovasi terbaru dalam penyampaian materi agar tidak terlalu monoton dan tentunya dengan adanya media pembelajaran yang unik ini dapat menambah semangat siswa dalam proses belajar mengajar serta tidak membuat siswa merasa bosan dan mengantuk pada saat belajar di dalam kelas.


        Kegiatan sosialisasi ini dilakukan pada tanggal 9 Januari 2023 dimulai dari pukul 07.30 WIB sampai pukul 11.00 WIB di SDN Patereman 2. Adapun pemateri dalam kegiatan sosialisasi media pembelajaran dan mozaik yakni Lailatul Fitriya, Putri Catur Wulandari dan Moh. Ikrom. Kegiatan ini berlansung di dalam kelas 3 dengan jumlah siswanya sebanyak 16 orang.


        Selain kegiatan sosialisasi mengenai media pembelajaran, pada sesi terakhir melakukan challenges mozaik yang ditujukan kepada siswa untuk menghibur, melatih ke kreativitasan serta meningkatkan motorik halus dengan teknik mozaik. Mozaik adalah pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi dengan cara menempelkan potongan-potongan kertas, kayu ataupun benda lain dalam sebuah pola yang dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi karya seni yang indah. Dalam pembuatan mozaik dibutuhkan ketangkasan dan kecermatan dalam menempelkan, memadukan warna dan menyesuaikan potongan sesuai dengan pola yang sudah disiapkan sebelumnya.
        Pada akhir acara telah menyiapkan hadiah yang akan diberikan kepada kelompok yang mendapaykan poin tertinggi. Dengan, adanya challenges yang dibagi menjadi 4 kelompok dan setiap kelompok berisi 4 orang serta 1 pendamping ini dapat menambah semangat siswa dalam berkreasi se kreativ mungkin. Upaya ini dilakukan untuk membantu perkembangan dalam diri seorang anak, yang meliputi kemampuan fisik,  daya  pikir,  daya  serap,  emosi,  cita  rasa  keindahan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages