Sosialisasi dan Pelatihan Canva Kepada Guru di SDN Patereman 2


Canva merupakan salah satu software atau aplikasi yang digunakan untuk membuat desain grafis seperti untuk media sosial, poster, dokumen serta desain lainnya. Dalam penggunaannya, canva terbagi menjadi dua jenis yakni berbayar (canva pro) dan free atau gratis. Baik Canva pro maupun canva berbayar memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Di dalam Canva pro memiliki banyak fitur yang bisa digunakan yang dapat mendukung proses desain. Sedangkan dalam canva  free atau gratis fitur fitur yang disediakan banyak, namun terbatas dan harus melakukan upgrade ke canva pro agar bisa menggunakan semua elemen yang ada.

Canva juga merupakan salah satu software open source yang bisa digunakan ke dalam dua versi, versi dekstop dan versi mobile. Untuk pengguna canva dekstop, kita bisa menggunakannya dengan mengakses melalui situs www.canva.com serta mendownload langsung aplikasi canva didekstop. Sedangkan untuk pengguna android kita daapat menggunakan canva versi android melalui download diplaystore.

Dalam penerapannya, software aplikasi canva ini bisa diaplikasikan kedalam berbagai sektor diantaranya pendidikan. Dalam bidang pendidikan, canva dapat berguna untuk membantu proses belajar mengajar terutama di sekolah. Canva dapat digunakan untuk melakukan desain pendukung bagi para guru maupun para siswa. Banyak siswa menggunakan canva untuk melakukan berbagai desain seperti membuat jadwal pelajaran, jadwal piket dan lain sebaganya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengenalan serta pengetahuan kepada para guru SDN Patereman 2 mengenai Canva sebagai salah satu aplikasi edit yang mudah digunakan. Selain itu pada pelatihan ini juga dilakukan desain bersama yakni desain cover buku dengan tujuan dari pembuatan desain cover buku, para guru SDN Patereman 2 lebih termotivasi dan menjadi kreatif dalam memaksimalkan kemampuan mereka terhadap proses desain sehingga pada masa yang akan data dapat digunakan.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan pada tanggal 7 Januari 2023 dimulai pada pukul 11.30 sampai dengan pukul 12.30 di balai desa Patereman. Adapun pemateri dalam sosialisasi ini yakni saya sendiri Feby Nurma Laely sedangkan teman teman kelompok KKN-T 16 turut serta mensupport program kerja yang sedang saya jalankan dengan menjadi bagian tim diantaranya menjadi MC, Operator, serta Pendamping untuk Guru. Kegiatan ini dihadiri oleh 7 guru SDN Patereman 2 yang sebelumnya sudah diberikan informasi untuk menghadiri acara sosialisasi pelatihan desain cover buku tersebut. Kegiatan tersebut disambut antusias oleh para guru yang ada di SDN Patereman 2, hal ini dibuktikan dari antusiasnya dalam bertanya, mencoba membuat desain cover buku. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages