Penyuluhan Produk Unggulan Kripik Sawo dan Selai Sawo KKN 74


Desa Patereman sebenarnya memiliki potensi desa yang layak untuk dikembangkan seperti potensi buah sawo yang dapat ditemukan dan tumbuh pesat di desa ini namun belum cukup dimaksimalkan. Potensi pertumbuhan buah sawo sebenarnya mampu menjadi sumber pendapatan bagi des ajika diolah dan dijual dengan nilai ekonomi yang tinggi.
Melihat keadaan tersebut mahasiswa dari KKN 74 Universitas Trunojoyo Madura mengusulkan sebuah produk yang bertujuan untuk memanfaatkan buah sawo sebagai bahan utama dalam pembuatan produk tersebut. Produk yang KKN 74 usulkan adalah kripik sawo dan selai sawo yang kemudian akan disosialisasikan atau diperkenalkan kepada masyarakat melalui acara “Sosialisasi Produk Unggulan Kripik Sawo dan Selai Sawo”.
Acara ini dilaksanakan pada hari rabu (15 Januari 2018). Dalam acara ini mahasiswa bekerja sama dengan ibu-ibu PKK sebagai sarana penyalur usulan produk unggulan. Mahasiswa menyampaikan cara pembuatan, resep, khasiat, dan cara pemasaran produk. Mahasiswa mendapatkan beberapa tanggapan dari ibu-ibu PKK baik itu berupa tanggapan yang positif maupun saran dan kritik yang membangun. Ibu-ibu juga aktif dalam bertanya mengenai cara yang tepat untuk memasarkan produk dan cara pembuatan produk.



Secara keseluruhan acara berjalan dengan lancar mengingat minat dari ibu-ibu PKK yang begitu besar mengenai program ini. Meskipun terdapat beberapa kekurangan seperti estimasi waktu yang singkat karena program ini dilaksanakan disela-sela kegiatan perkumpulan rutin PKK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages