Program Kerja Pendidikan Pendampingan Sekolah Dasar SDN Patereman 1


Persiapan pendampingan SD berupa rencana kegiatan yang akan dilakukan, yaitu menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mengisi kegiatan pembelajaran. Salah satunya adalah media pembelajaran. Dalam hal ini, mahasiswa KKN kelompok 74 UTM tidak menyediakan secara pribadi media pembelajaran yang diperlukan, melainkan menyesuaikan bahan maupun media yang telah dipersiapkan oleh guru kelas masing-masing. Pendampingan SD dilaksanakan di SDN Patereman 1 yang bertempat di Dusun Kedundung Desa Patereman Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan. Kegiatan ini dilakukan selama 8 hari dengan kisaran waktu dua mingguan. Artinya, kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari dalam seminggu di hari Senin sampai dengan Kamis. Dari 8 hari pelaksanaan pendampingan SD yang telah direncanakan sebelumnya, terdapat kendala di hari ke-6, yaitu Selasa, 15 Januari 2019. Pada tanggal tersebut KKN kelompok 74 UTM tidak dapat melakukan pendampingan karena ada acara penyuluhan produk unggulan. Pendampingan SD berlangsung selama 5 jam, dimulai dari pukul 07.00 – 12.00 WIB. SDN Patereman 1 diampu oleh enam guru kelas yang tersebar dari kelas 1 – VI.

Sebelum memasuki ruang kelas, biasanya peserta didik berbaris rapi terlebih dahulu di depan kelas yang dipandu oleh ketua kelas. Kegiatan belajar diawali dengan pendahuluan berupa ucapan salam yang disampaikan oleh guru kepada peserta didik. Setelah salam, dilanjutkan dengan berdoa bersama. Kemudian, proses pembelajaran baru dimulai. Pembelajaran yang berlangsung disesuaikan dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Akhir pembelajaran, guru mengucapkan salam sebagai penutup dan peserta didik diminta untuk berdoa terlebih dahulu sebelum pulang. Selesai berdoa, biasanya guru memberi teka-teki kepada peserta didik. Peserta didik yang dapat menjawab teka-teki disilakan untuk pulang dahulu. Selain bermain teka-teki, kadang-kadang guru juga meminta peserta didik untuk anteng-antengan dan yang anteng diperbolehkan untuk pulang dahulu. Tidak lupa peserta didik dibiasakan untuk berjabat tangan dengan guru ketika akan pulang. 


Kegiatan pendampingan SD yang di lakukan oleh KKN kelompok 74 UTM dapat berjalan dengan baik dan lancar. Anak-anak SDN Patereman 1 sangat antusias selama proses pembelajaran berlangsung. Selain di dalam kelas, siswa-siswi juga sangat antusias dan akrab ketika di luar kelas/ sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages