Program Kerja Pendidikan Pendampingan, Pelatihan, Serta Event Perlombaan SMK AL-KHATIBIYAH


Persiapan pelatihan dan pendampingan berupa rencana kegiatan yang akan dilakukan, yaitu menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mengisi kegiatan pembelajaran. Salah satunya adalah media pembelajaran. Dalam hal ini, mahasiswa KKN kelompok 74 UTM menyediakan secara pribadi media pembelajaran yang diperlukan, dan juga menyesuaikan bahan maupun media yang telah dipersiapkan oleh guru kelas masing-masing. Kegiatan  dilaksanakan di SMK AL-KHATIBIYAH yang bertempat di Dusun Kedundung Desa Patereman Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan. Kegiatan ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan selama 2 minggu yaitu pada setiap hari sabtu dan minggu..
Dalam proses pembelajaran mahasiswa menggunakan media laptop dan proyektor agar siswa lebih mudah dalam memahami materi yang diberikan seperti  memberikan demonstrasi mengenai proses instalasi sistem operasi Debian dan demosntrasi dasar-dasar desain grafis pada aplikasi corel draw. Mahasiswa memberikan suatu pengalaman yang baru dalam penerapan pembelajaran kepada siswa, seperti penggunaan model pembelajaran make-a-match pada saat menerangkan materi analisis kebutuhan perangkat lunak server.
Di hari akhir pelatihan dan pendampingan mengajar, mahasiswa mengadakan suatu perlombaan mengenai desain grafis yakni pembuatan banner dengan tema Maulid Nabi. Perlombaan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X TKJ yang karyanya akan dinilai oleh juri dari guru pihak SMK. Mahasiswa mengadakan perlombaan ini sebagai bentuk apresisasi dan ucapan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah berkenaan untuk bekerjasama dengan mahasiswa dalam menyelesaikan Program Kerja Pendidikan. 


Kegiatan pelatihan dan pendampingan SMK yang di lakukan oleh KKN kelompok 74 UTM dapat berjalan dengan baik dan lancar. Siswa-siswa SMK AL-KHATIBIYAH sangat antusias selama proses pembelajaran berlangsung. Selain di dalam kelas, siswa juga sangat antusias dan akrab ketika di luar kelas/ sekolah



1 komentar:

Pages