Kunjungan Ke budidaya tambak udang Desa Patereman, Kecamatan Modung,Bangkalan

Kegiatan hari kelima KKN 29 pada tanggal 5 juli 2019, terdapat dua agenda yang dilakukan. Pada pagi harinya melakukan olahraga bersama dengan jalan-jalan pagi. selain aktivitas yang meyehatkan,juga sebagai upaya untuk mengenal lebih dekat dengan masyarakat Desa Patereman. Jalan-jalan pagi bersama ini dilakukan sekitar pukul 06.00 dengan berkeliling sekitar dusun Kedungdung, Desa Patereman. Tujuan dari adanya kegiatan jalan-jalan pagi ini untuk mengetahui kondisi lingkungan disekitar desa. Kelompok KKN 29 berusaha menerapkan konsep 3S yaitu senyum,sapa dan salam. Sehingga dengan adanya konsep ini menjadikan kelompok KKN bisa lebih akrab dan lebih mengenal kondisi dari masyarakat di Desa Patereman.


Kunjungan Ke Budidaya Tambak Udang Desa Patereman

Pada sore harinya, agenda dari kelompok KKN 29 adalah mengunjungi tambak udang yang ada di Desa Patereman. Letak tambak udang tersebut tidak jauh dari Posko KKN 29. 
Kondisi Budidaya Tambak Udang Desa Patereman
Dokumentasi Kelompok KKN 29 UTM Melihat Budidaya Tambak Udang Vaname

Budidaya Tambak Udang yang ada di Desa Patereman merupakan salah satu produk unggulan rumahan yang dikelola oleh salah satu warga di Desa Patereman, yaitu bernama H. Abdul Azis. Tambak udang tersebut telah berdiri sekitar 5 tahunan. Pemilik tambak udang memiliki dua tambak udang yang berada di Dusun Kedungdung dan Dusun Baton. Kondisi budidaya tambak udang vaname di Dusun Beton terdiri dari 3 kolam, 2 kolam untuk budidaya, sedangkan 1 kolam untuk penampungan. Kincir air yang ada di tambak udang berfungsi untuk memberikan oksigen bagi udang untuk bernafas. 

Hasil gambar untuk gambar udang vaname
Hasil Panen Udang Vaname
Jenis udang yang dibudidayakan adalah udang vaname. Udang vaname dipilih karena lebih cepat panennya dibandingkan dengan udang yang jenis windu ataupun yang lainnya. Perawatannya juga lebih mudah. Biaya operasional yang dikeluarkan selama 3 bulan sebesar 180 juta termasuk pakan,vitamin, biaya listrik, biaya pegawai, dll. 

Penakaran Pakan Udang Vaname

Pemberian Pakan Udang Vaname

Perawatan budidaya udang sangat bermacam-macam tergantung usia udang. Ketika usia udang dibawah satu minggu maka pemberian pakan dilakukan tiga kali sehari yaitu pagi hari pukul 09.00, siang hari pukul 12.00 dan malam hari pukul 21.00. Sedangkan untuk usia udang berkisar antara 2-3 bulan maka pemberian makan sebanyak 4-5 kali yaitu pukul 06.00, 09.00, 15.00, 18.00 dan 21.00. Kemudian perawatan udang tersebut juga dilakukan dengan pemberian vitamin yakni berupa Vanapro dan Kalsium. Air yang digunakan harus diganti agar udang yang dihasilkan tetap terjaga kualitasnya. 

Wawancara Kelompok KKN 29 UTM dengan Pemilik Tambak Udang Vaname
Hasil wawancara yang dilakukan oleh Kelompok KKN 29 UTM dengan pemilik tambak udang vaname adalah udang vaname dipasarkan disekitar wilayah desa Patereman kepada para tengkulak. Sasaran utama penjualan udang vaname yaitu salah satu pabrik yang ada di Sidoarjo. Budidaya Udang Vaname ini memiliki beberapa kendala yakni masalah air dimana ketika musim hujan tiba, Ph air menjadi tidak stabil, kadar air laut tidak terlalu jernih sehingga membutuhkan proses penjernihan air menggunakan kaporit yang diendapkan selama 24 jam.  


Dokumentasi Kelompok KKN 29 UTM bersama Pemilik dan Karyawan Budidaya Udang Vaname


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages