kunjungan ke peternakan sapi Desa Patereman, kecamatan modung, Bangkalan

foto Kandang sapi Desa Patereman,Modung
 
kunjungan KKN 29 bersama Bapak Sekdes Patereman
Agenda kelompok KKN 29 pada hari kedelapan tanggal 8 juli 2019 yaitu mengunjungi salah satu peternakan sapi milik warga desa patereman. desa patereman, kecamatan modung, Bangkalan memiliki potensi desa yang beraneka ragam. mulai dari potensi alam berupa hasil laut, industri rumahan dan peternakan. salah satu peternakan yang ada di desa Patereman, kecamatan Modung yaitu peternakan sapi.
potensi alam dibidang peternakan sapi merupakan peternakan yang berada di kampung Sendih, dusun Baton, Desa Patereman, modung,Bangkalan. Peternakan sapi ini merupakan usaha peternakan keluarga yang dimiliki oleh salah satu warga bernama H.Syamsul. Peternakan sapi ini mulai berdiri sekitar 5 bulan. pada awalnya jumlah ternak sapi yang dimiliki sebanyak 5 ekor yang berumur sekitar 3 bulan. Saat ini jumlah sapi yang dimiliki di peternakan tersebut berjumlah 10 ekor. jumlah pekerja yang ada dalam peternakan ini hanya satu pekerja saja. 

foto pakan sapi berupa Dedak dan konsentrat

foto pakan rumput gajah yang ditanam sendiri didekat peternakan sapi

foto selokan untuk pembuangan kotoran sapi


Pemberian makan dan minum dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu pada siang hari sekitar jam 11.00 dan untuk pemberian makan pada malam hari pukul 21.00 sedangkan pemberian minum dilakukan pukul 22.00. hal ini dilakukan agar pencernaan sapi tidak terganggu. 
bahan untuk makanannya sendiri meliputi, Rumput gajah, konsentrat, dedak, sedangkan untuk minumnya yaitu campuran air, dedak dan garam. Pakan rumputnya sendiri diperoleh dari hasil menanam sendiri. Vitamin yang digunakan untuk proses penggemukan sapi ialah dengan menggunakan tetes yang berasal dari air tebu.

foto ketika wawancara dengan pekerja yang merawat peternakan sapi

Berdasarkan hasil wawancara dengan pekerja yang merawat sapi pada peternakan tersebut, bahwa hasil dari sapi-sapi  tersebut nantinya akan dijual pada hari raya Qurban. selain itu, juga dikirim ke kota-kota lain baik didalam Madura maupun diluar madura. Hasil penjualan sapi dimiliki secara pribadi oleh pemilik ternak karena peternakan ini merupakan peternakan pribadi. 
Perawatan kebersihan dilakukan setiap 3 hari sekali, yang dilakukan dengan peyemprotan cairan pembersih dan kotoran cair akan dialirkan ke selokan sehingga akan masuk ke dalam penampungan yang telah di desain oleh pemilik peternakan.
kotoran padatnya oleh pemilik peternakan diolah menjadi pupuk kompos. pengolahan ini dilakukan secara pribadi dan manual. hasil dari pupuk kompos ini digunakan untuk pupuk rumput gajah untuk pakan dan juga dijual kepada masyarakat sekitar desa Patereman,Modung,Bangkalan. 

foto bersama antara kelompok KKN 29 dengan bapak Sekertaris Desa Patereman dan pekerja yang merawat peternakan sapi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages