Pembuatan Kemasan,label,dan produk unggulan lain yang berasal dari buah Sawo

Foto Kemasan Produk Nugget Tempe,Lulur Sawo dan Sirup Sawo


Pada hari Sabtu,13 juli 2019, Kelompok KKN 29 melakukan kegiatan membuat kemasan,label,dan produk unggulan lain yang berasal dari buah Sawo dan ikan. Buah Sawo merupakan buah yang dapat tumbuh di wilayah tropis seperti di indonesia salah satunya adalah di daerah Madura tepatnya di desa Patereman,Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan. Buah Sawo tersebut memiliki rasa yang manis dan tekstur daging buah yang lembut. 

Foto Hasil Produk Lulur Sawo

Buah Sawo dapat diolah menjadi suatu produk seperti minuman yakni sirup, dan sebagai lulur. Pengemasannya dilakukan dengan bentuk yang simple tapi menarik. Tujuan dari pembuatan produk dari buah sawo tersebut adalah untuk mengangkat produk yang ada disuatu daerah salah satunya di Desa Patereman dimana kebanyakan di setiap rumah yang ada di desa Patereman tersebut terdapat pohon Sawo,  dengan adanya hal ini maka perlu adanya pengolahan lebih lanjut agar buah sawo tersebut dapat memiliki nilai atau kualitas yang unggul. Pengemasan produk olahan buah sawo tersebut menjadi olahan sirup dikemas dalam bentuk botol  dan terdapat labelnya, kemudian untuk olahan buah sawo menjadi lulur dikemas didalam kemasan berbentuk persegi dan terdapat labelnya. 

Foto Hasil Produk Abon Ikan Tuna

Produk yang selanjutnya yaitu abon dari ikan tuna. Abon merupakan olahan makanan yang berasal dari daging (sapi, kerbau, ikan laut) yang disuwir-suwir, biasanya penampilannya berwarna coklat terang hingga kehitam-hitaman. Produk abon yang dibuat ini berasal dari daging ikan laut yakni ikan tuna. Tujuan dari pembuatan produk olahan abon dari ikan tuna tersebut adalah untuk membuat suatu produk olahan baru dari abon yang selain menyehatkan dapat memberikan dampak yang baik bagi tubuh, sebab terdapat kandungan ikan tuna yang memiliki banyak manfaat salah satunya adalah mengandung omega 3 yang baik untuk melindungi kesehatan otak, ikan tuna juga menyehatkan jantung serta kaya akan vitamin B6 yang dapat membantu untuk meningkatkan produksi hemoglobin. Hemoglobin adalah protein yang berfungsi menangkap dan membawa oksigen dalam darah ke seluruh jaringan tubuh yang memerlukan oksigen. sehingga pembuatan abon ikan tuna tersebut dapat memberikan manfaat yang baik baik tubuh. 

Produk unggulan selanjutnya yakni adalah olahan tempe yang dijadikan nugget. merk atau lebel yang berasal dari produk unggulan tempe bernama ''NUTTELA''. ''NUTTELA'' tersebut merupakan singkatan dari Nugget Tempe Lezat.

Gambar diatas merupakan merk atau lebel dari produk unggulan dari buah Sawo yakni sabun lulur. merk atau lebelnya bernama ''NATURAL SCRUB''.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages