Perkenalan Media Pembelajaran Oleh KKN 29 UTM kepada Siswa-siswi SDN Patereman 1

Foto Peragaan Media Pembelajaran Kelompok KKN 29 UTM


 
Foto Media Pembelajaran dengan Perambat Suara

 
Foto Peragaan Media Pembelajaran Perambat Suara 

Foto Peragaan Media Pembelajaran Visual melalui Media Power Point

Pada hari rabu,24 juli 2019. Kelompok KKN 29 UTM melakukan kegiatan rutin yang dilakukan sejak tanggal 15 juli 2019 yakni mengajar di SDN Patereman 1. Kegiatan KKN 29 mengajar dimulai pada pukul 07.00 WIB. Kegiatannya adalah mengajar dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. kegiatan mengajar tersebut mendapat respon yang baik dan para siswa SDN Patereman 1 sangat bersemangat untuk mengikuti kegiatan mengajar yang diajar dan didampingi oleh kelompok KKN 29 UTM. tujuannya adalah agar para siswa di SDN Patereman 1 dapat dengan mudah dalam memahami dan meningkatkan prestasi belajarnya baik dalam meningkatkan belajar membaca,menulis dan berhitungh. Rata-rata para siswa di SDN Patereman 1 siswa-siswanya sangat tanggap,rajin,dan semangat dalam belajar walaupun masih ada beberapa murid yang belum bisa membaca dan mengenal huruf. Dengan demikian, tugas dari kelompok KKN 29 adalah membantu para siswa yang membutuhkan bantuan dalam hal belajar. Semangat siswa SDN Patereman 1 merupakan semangat yang dapat menjadikan suatu dorongan bagi kelompok KKN 29 untuk berbagi ilmu dan pengetahuan yang pernah diterimanya untuk bisa membantu para siswa SDN Patereman 1. 
Kegiatan yang selanjutnya dilakukan oleh kelompok KKN 29 adalah mempersiapkan media pembelajaran untuk siswa-siswa SDN Patereman 1. Media pembelajaran yang digunakan sebagai media pembelajaran siswa adalah sebagai berikut:
1. Media Pembelajaran dengan metode peragaan 
pada media pembelajaran ini digunakan dengan membuat alat peragaan sederhana yakni alat perambat suara sederhana. alat perambat suara tersebut terbuat dari kaleng bekas serta ditali dan dihubungkan dengan tali rafia dan benang. Hal tersebut digunakan agar dapat mengahantarkan suara sehingga suara dapat merambat dengan lurus. Tujuan dari media pembelajaran dengan metode alat peragaan adalah agar para siswa dapat mengerti dan memahami secara realistis dan praktek bukan hanya secara teoritis mengenai alat perambat suara, dimana selain handphone,dan telfon genggam dapat juga menggunakan alat sederhana yakni dari dua kaleng yang dihubungkan dengan tali rafia dan benang yang didesain dengan sederhana serta media pembelajaran melalui peragaan rangkaian listrik.
2. Media Pembelajaran dengan metode visual 
pada media pembelajaran ini digunakan media seperti PPT(Power Point) yang dikonsep dengan memberikan permainan kepada para siswa yang tentunya permainan tersebut juga memiliki isi yaitu mengandung pengajaran untuk menambah pengetahuan siswa. metode pembelajaran ini selain sebagai cara untuk menarik para siswa dalam belajar juga terdapat hiburan yakni terdapat permainannya. Tujuannya adalah memperkenalkan kepada siswa tentang teknologi(IT) yakni laptop, bahwa segala sesuatu yang dikerjakan dengan menggunakan teknologi akan menjadi lebih mudah. dan dengan teknologi dapat memberikan suatu pengajaran yang menarik bagi siswa. Konsep dari media pembelajaran yang diberikan adalah dengan membuat PPT (Power Point) yang didalamnya diisi dengan pengajaran dan diselipkan permainan yang dapat menarik siswa agar lebih minat untuk belajar pengetahuan baru yang nantinya siswa akan lebih mudah mengingat pengajaran yang diajarkan oleh kelompok KKN 29 UTM dengan adanya pengajaran yang menarik tersebut. Sebab, rata-rata para siswa akan cenderung lebih mengingat hal-hal yang menarik dan sangat mudah dipahami dan dipelajari serta lebih meningkatkan semangat belajarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages