Kunjungan ke Peternakan Ayam Desa Patereman



Foto Silaturahmi dengan pemilik peternakan ayam Desa Patereman


Kegiatan kelompok KKN 29 pada tanggal 9 juli 2019 adalah melakukan kunjungan ke tempat peternakan ayam yang terletak di dusun Baton Desa Patereman Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan. Kegiatan tersebut dilakukan pada pukul 13.00 WIB. Kegiatan kelompok KKN 29 dimulai dengan melakukan kunjungan ke rumah pemilik peternakan ayam untuk meminta izin.

foto kandang ayam berbentuk Close House bagian dalam



foto kandang ayam berbentuk Close House bagian luar
Peternakan ayam tersebut merupakan salah satu peternakan yang dimiliki oleh salah satu warga yang bernama Bapak Junaedi. Peternakan ayam tersebut merupakan jenis peternakan ayam dengan konsep close house. Pada awalnya peternakan ayam itu menggunakan konsep peternakan ayam open house. Konsep peternakan ayam open house itu diterapkan selama 2 tahun.
Konsep Peternakan dengan Close House merupakan konsep peternakan yang tertutup. Tujuan pembuatan peternakan  ayam dengan konsep close adalah kematiannya lebih rendah dan perkembangan ayamnya lebih cepat. Sedangkan Konsep Open House adalah Konsep peternakan ayam yang terbuka. 
Peternakan ayam yang ada di Dusun Baton tersebut menerapkan Konsep Close House, dengan jumlah ayam yang dipelihara sebanyak 5.600 ekor ayam. usia dari ayam yang diternak tersebut adalah sekitar 9 hari dengan waktu panen maksimal 35 hari. 
Pemilik peternakan ayam dengan konsep close house yang ada di dusun Baton Desa Patereman Kecamatan Modung berdiri sekitar 6 bulan. 
Pemilik peternakan ayam menjalin kerjasama atau kemitraan dengan pihak PT.SAMSUNG yang ada di daerah Pasuruan. Syarat untuk menjalin kerjasama atau kemitraan adalah dilihat dari kepemilikan kandang dengan ukuran 12 X 42 hektar serta memiliki kapasitas 6000 ekor ayam. Bentuk kerjasama yang dilakukan antara pemilik peternakan ayam dengan pihak pabrik tersebut terikat kerjasama  kontrak setiap satu siklus. 


foto peralatan ternak berupa Blower (Penyedot bau kandang)
 Peternakan ayam memiliki perawatan berupa teknologi blower. Blower merupakan alat yang digunakan untuk menghilangkan gas amoniak atau bau dari ayam tersebut. Tujuan penggunaan teknologi Blower tersebut adalah agar kesehatan ayam dapat tetap terjaga sebab dasar dari adanya kesehatan ayam dilihat dari suhu, udara,pakan,kelembaban. 
foto peralatan dalam kandang ayam

foto tempat makan dan minum
Dalam peternakan ayam tersebut terdapat lampu-lampu yang berfungsi untuk menghangatkan suhu dalam ruangan kandang ayam tersebut sehingga suhu tetap stabil dan tidak mempengaruhi kesehatan ayam. Pada siklus pertama lampu dinyalakan selama 7 hari 7 malam. Perawatan ayam dilakukan dengan penambahan sekam setiap 3 hari sekali. Pakan ayam yang digunakan adalah konsentrat dan minumannya adalah air biasa yang telah di filter. Kemudian, setelah 14 hari ayam-ayam tersebut dipindahkan ke kandang yang berbeda. 


foto dokumentasi wawancara dengan pemilik kandang ayam

foto dokumentasi wawancara dengan pemilik kandang ayam

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan bersama dengan pemilik peternakan ayam yang ada di dusun Baton Desa Petereman Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan adalah kebanyakan virus yang menyebabkan gangguan kesehatan pada ternak ayam disebabkan karena faktor suhu yang tidak stabil, pemasarannya terdapat marketing sendiri dari PT SAMSUNG. Pembersihan kandang dengan penambahan sekam, setiap satu siklus atau panen dibersihkan selama 5 hari, kemudian dilakukan penyemprotan menggunakan air kapur yang telah direbus mendidih. selama 6 bulan berjalan kendala terbesar adalah masalh modal. terkait dengan perawatan ternak ayam tidak ada permasalahan. omset ternak ayam berkisar antara 25-30 juta setiap bulannya. menurut pemilik ayam, balik modalnya dapat terjadi setelah 1 bulan berjalan. pekerjanya berjumlah 2 oran dan keseluruhannya merupakan keluarga.

foto bersama dengan bapak Sekertaris desa Patereman dan pemilik ternak ayam

foto berdiskusi dengan bapak Sekdes dan warga sekitar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages